Gara-Gara Fisik Batal Mendaki Watunariwowo

Gara-Gara Fisik Batal Mendaki Watunariwowo. Ada seorang perempuan yang juga sering banget traveling, bahkan ke luar negeri, bernama Enny. Iseng-iseng pada komentar salah satu status Facebook-nya saya bertanya tentang Bukit Avatar. Sudah pernahkah Enny ke sana? Dan karena dia belum pernah ke sana, kami janjian bakal pergi ke sana pada hari paling ditunggu umat manusia. Minggu! Oleh karena itu, Minggu kemarin, 21 Juli 2019, saya kembali memacu Onif Harem menuju arah Barat Pulau Flores dengan tujuan Kabupaten Ngada. Perginya bareng Thika Pharmantara, Akiem, Effie, dan tentu saja Enny. Sebelumnya Stanis juga mengajak DMBC ke sana namun rencana itu belum sempat terlaksana. Foto dan video Bukit Avatar ini sudah wara-wiri di internet dan itu membikin jiwa saya mulai cari gara-gara. Okay, squad yang ada, yuk let's go!

Juga Asyik Dibaca: Sekilas Mirip Sakura, Namanya Pohon Gamal

Mungkin karena sudah sering melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor ke sekitar Pulau Flores, perjalanan demi perjalanan terasa biasa saja bagi saya. Pagi itu kami berlima tiba di Kabupaten Ngada sekitar pukul 10.30 Wita. Berdiskusi ringan, diputuskan untuk terlebih dahulu pergi ke Puncak Wolobobo.

Jadi rute perjalanannya dari Ende ke Aigela, Aigela terus melewati Boawae - Mataloko - Cabang menuju Bena - baru tiba di cabang menuju Bukit Wolobobo. Lebih lengkapnya kalian bisa membaca tulisan perjalanan saya ke Wolobobo di Pos berjudul: Kawasan Wajib Senyum di Puncak Wolobobo.

Puas foto-foto, aslinya temani yang belum pernah ke Puncak Wolobobo si Akiem dan Effie, sama si Enny yang pernah ke sini tapi saat itu berkabut sehingga tidak sempat foto-foto, kami memutuskan untuk mengisi perut di Warung Barokah! Lagi-lagi Warung Barokah dan lagi-lagi nasi soto. Eh, kali ini saya menikmati sepiring nasi soto. Asyiknya lagi, di warung ini sekarang sudah menyediakan kopi panas. Beda kayak pertama kali makan di sini, minumannya hanya ada teh.

Kami mengobrol ngalor-ngidul tentang tempat-tempat wisata yang rencananya bakal dikunjungi, salah satunya Bukit Liaga di daerah Utara Kabupaten Ende. Salah duanya ya Bukit Watunariwowo yang merupakan tujuan utama perjalanan ini, yang kemudian bergeser ke Bukit Wolobobo. Pikir punya pikir, waktu masih cukup panjang dan rasanya rugi kalau kami sampai tidak pergi ke daerah Watunariwowo alias Bukit Avatar!

Sekarang, coba perhatikan foto di bawah ini:

Perbukitan dipanah kuning itu adalah Bukit Langa, lokasi Watunariwowo. Dari Rumah Makan Barokah, kami menggunakan Google Map yang-kemudian-menyesatkan-haha terus menuju arah Kota Bajawa, tetapi di cabang Kecamatan Aimere - Kota Bajawa, langsung belok kiri. Jalur satu arah, menuju Watunariwowo. Terus saja sampai bertemu gereja, ada jalan belok kanan dengan papan nama seperti yang bisa kalian lihat pada awal pos.

Foto di atas diambil di posko/parkiran Watunariwowo. Bayangkan, ada enam pos untuk bisa menyaksikan pemandangan spektakuler salah satunya Gunung Inerie. Modal nekat, meskipun sudah letih, kami coba mendaki dengan perjanjian menuju Pos 1 saja dulu. Yadalah apa daya, fisik memang tidak memungkinkan untuk mendaki lagi *ngakak guling-guling*. Ternyata bukan hanya saya, semua juga ngos-ngosan mendaki ... wahai Pos 1 ... kamu di manaaaaa? Menyerah ... kami memutuskan untuk turun dan ngegas pulang ke Kota Ende.

Sungguh ... ajaib. Haha.

Jadi, belum bisa saya ceritakan lebih detail tentang Watunariwowo. Tetapi kalian bisa melihat pemandangan dari Watunariwowo yang saya ambil dari Lionmag berikut ini:

Sayang ya tidak sampai ke puncak jadi tidak dapat foto-foto cantik seperti miliknya Lionmag di atas (tiga foto), kayaknya dari Pos 5 dan Pos 6, tapi tidak apa-apa lah ... next time kalau fisik sudah kuat lagi hahaha.

Juga Asyik Dibaca: Sunset di Embung Boelanboong Wologai

Semakin banyaknya lokasi wisata, apalagi yang baru di'temukan' dan dipublikasikan, tentu semakin memperkaya kesombongan kami sebagai Orang Flores *ditimpuk*. Kami tidak saja berbicara tentang Danau Kelimutu, Pulau Komodo, Kampung Adat Bena, Puncak Konga, Riung, Bukit Weworowet, atau Magepanda. Kami mulai berbicara tentang tempat-tempat baru yang tak kalah cantiknya! Agenda saya untuk #KakiKereta jadi tambah panjang. Seperti Bukit Liaga dan sebuah tebing yang ... masih rahasia hahaha.