Magepanda, Negeri Dongeng dari Pulau Flores


Kabupaten Sikka merupakan salah satu kabupaten dari Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terletak di Pulau Flores. Kabupaten ini bertetangga langsung dengan Kabupaten Ende (Barat) dan Kabupaten Flores Timur (Timur). Ibu Kota Kabupaten Sikka adalah Kota Maumere. Ya, kalian tentu sering mendengar sebuah lagu berjudul Gemu Fa Mi Re yang diciptakan oleh Nyong Franco, seorang musisi asal Kota Maumere.

Baca Juga: Ini Dia Alu Ndene Yang Disebut Pizza Ende


Apa yang paling terkenal dari Kabupaten Sikka? Banyak! Rumah sakit kesohor yaitu RS Lela berada di Kabupaten Sikka, Seminari Tinggi St. Petrus Ritapiret, Pantai Koka, Pantai Paga, Bukit Nilo, Toko Buku Gramedia, pantai-pantainya, hingga Tanjung Kajuwulu yang berada di Desa Magepanda - Kecamatan Magepanda.

Tahun 2010 saat masih bekerja di Kota Maumere, Magepanda merupakan salah satu destinasi wisata favorit saya selain Pantai Wailiti, Pantai Waiara, hingga Pantai Gading. Tahun itu Coconut Garden Beach Resort belum dibuka. Ya, Kota Maumere (dan sekitarnya) memang kaya akan pesona pantainya baik yang berpasir putih maupun hitam. Dan dari Kecamatan Magepanda, selain pantai dan pemandangan laut yang memukau, juga menawarkan pesona bukit-bukit berhampar rumput hijau yang sering saya sebut bukit Teletubbies.

Kecamatan Magepanda terletak di arah Utara Kota Maumere. Jarak dari pusat Kota Maumere menuju Kecamatan Magepanda sejauh 30 kilometer. Jarak dari Kota Ende menuju Kecamatan Magepanda sejauh 133 kilometer. Soal waktu tempuh, tergantung speedometer dan kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Kalau Beliau menurunkan hujan, waktu tempuh bisa lebih lama pula, haha. 



Dua Rute


Ada dua rute dari Kota Ende menuju Kecamatan Magepanda yang bisa ditempuh. Rute pertama adalah rute umum yang melewati Kecamatan Wolowaru, Kecamatan Watuneso hingga memasuki perbatasan Kabupaten Sikka, dan terus menuju Kota Maumere hingga ke Kecamatan Magepanda. Rute kedua adalah melewati Pantura Pulau Flores.

Negeri Dongeng


Karena pernah lama tinggal di Kota Maumere, otomatis saya sudah pernah ke Magepanda, namun belum pernah sampai di sebuah sekolah yaitu SMA Negeri Magepanda. Begitu tiba di sekolah ini, mata saya langsung takjub dengan pemandangan halaman sekolahnya:


Ini sih seperti gambaran yang terlintas di benak saya tentang negeri dongeng. Benarkah ini sekolahnya? Kok pemandangannya sekece ini? Kalau sekolahnya macam begini sih, saya mau lagi kembali ke sekolah! Setiap hari mata segar pikiran tenang. Hehe.

Oh iya, tahu-tahu sudah sampai sekolah saja. Cerita perjalanannya mana?

Cekidot.

Hari itu, dari Kota Maumere sekitar pukul 09.00 Wita, saya dan teman seperjalanan berangkat menuju Magepanda yang berjarak 30 kilometer dari Kota Maumere. Selepas kota, pemandangan yang disuguhi adalah bukit-bukit berhampar rumput hijau serta persawahan, yang disusul pantai, pantai, dan pantai. Juga laut dooonk. Dulunya tidak ada yang mengelola pantai, namum waktu terakhir saya pergi Bulan Februari 2019, nampak banyak saung-saung yang dibangun warga sebagai tempat mengaso/piknik.


Lebih jauh ke Utara, pemandangan semakin didominasi oleh lautan, bakau, dan pantai berpasir putih.





Memikat. Terima kasih ya, Allah SWT, untuk alam yang indah ini. Rasa-rasanya tidak ingin meninggalkan tempat-tempat ini. Tapi pekerjaan harus dilaksanakan dan SMA Negeri Magepanda menunggu di kejauhan Utara sana. Menariknya adalah Tanjung Kajuwulu yang pada tahun 2010 polos-polos saja kini sudah dibangun plang nama dan tempat bersantai. Salah satu fotonya bisa kalian lihat pada awal pos:


Sudah foto-fotonya? Jangan lupa, pada bagian agak memuncak dari tanjung ini, ke arah Utara, ada sebuah menara pandang dan Salib besar! Keren sekali! Sayang saya tidak sempat memotret Salib-nya, cuma menaranya saja:


Dari menara pandang ini, pemandangan ke laut lepas tentu lebih leluasa. Waktu itu saya juga tidak sempat pergi ke menara ini, cuma memotretnya dari seberang jalan.


Pemandangan dari seberang jalan menara pandang pun tidak kalah menawan. Itu tanjungnya. Tanjung Kajuwulu yang fenomenal.

Baca Juga: Pantang Adat Itu Bernama Joka Ingga


Meskipun harus melewati jalanan yang putus akibat aliran air (hujan), perjalanan hari itu tetap membahagiakan, sampai akhirnya kami tiba di SMA Negeri Magepanda, dan seakan-akan sedang berada di negeri dongeng.

Tapi, sebenarnya bukan sekolah itu saja yang saya sebut negeri dongeng. Kecamatan Magepanda secara keseluruhan adalah negeri dongeng. Rasa-rasanya tidak percaya tempat seindah Magepanda terletak di Pulau Flores. Semua yang ditawarkan oleh Magepanda merupakan impian para traveler yang menggilai pantai dan bukit. Bukan isapan jempol, foto-foto di atas, meskipun tidak semua, telah mewakili Magepanda, negeri dongeng dari Pulau Flores.

Perjalanan pulang dari Magepanda menimbulkan rindu yang terlalu dini muncul. Tapi pekerjaan menuju Kabupaten Flores Timur tidak bisa menunggu. Saya berjanji, akan kembali ke Magepanda ... suatu hari nanti.

Happy traveling!



Cheers.

Komentar

  1. Kajuwulu kalau tidak salah pernah aku kunjungi cuma kapan dan bagaimana sampai kesana aku sudah lupa karena memang sudah lama gak ke Maumere... duh kapan ya? Jangan-jangan pas lagi pacaran hahahahaha

    BalasHapus
  2. Wah keren nih tempatnya, pemandangannya juga masih asri,

    Iya sih kalau di lihat dari pemandangannya yang hijau itu, sekilas seperti di negeri dongeng.

    BalasHapus
  3. baca judulnya magepanda, langsung keinget duluu kayaknya ga asing sama nama tempat ini, mungkin aku nyebutnya mangepanda kalo ga salah. Dan trnyata kayaknya memang bukit yg dulu pernah aku datangi, ada patung salibnya kan ya? bener kalo itu yg dimaksud.

    dan viewnya bener bener cantikkkk banget, sunsetan di atas bukit wwaktu itu, pengen kesana lagi, napak tilas se flores

    BalasHapus
  4. Semoga ada kesempatan untuk mengunjungi surga seperti ini.

    Digital Printing Jakarta

    BalasHapus
  5. Yang saya ingat dari Magepanda adalah bentang alamnya yang berbukit-bukit seperti bukit teletubies kalau musim penghujan, kalau musim kemarau itu nampak tandus.

    Sy ada saudara di sni, hanya sekali saya ke sini, tapi saya ingat keindahan alam di daerah ini #luarbiasa

    BalasHapus
  6. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    BalasHapus

Posting Komentar

Untuk pertanyaan penting dengan respon cepat, silahkan hubungi nomor WA 085239014948 (Chat Only!)