Kelimutu, Best Journey of BNML

Tahun 2004 saya gabung saya radio Gomezone. Tahun 2006 saya dan teman-teman penggila jalan membentuk BNML. Sebuah club dengan anggota yang nggak boleh nambah dan nggak bisa kurang hahahaha. Personilnya 8 orang dengan spesifikasi 7 cowok, 1 cewek. Uhm, you can tell me who's the girl. Thanks to Papi Orenz, Pepsi, Iyok, Greg, Pedro, Armando, Waldy.

Ha ha ha ha.

Okay, apa itu BNML sebetulnya?
BNML sebetulnya cuma singkatan basi dari ; Binal, Nakal, Mesum, Laknat.

HEEEEIII!!! Kenapa ribut? Itu kan cuma hal-hal yang dilekatkan pada kami ber-9. Aslinya kami ini anak-anak baik yang suka dibantu kok :p hahahaha. Well, kami suka saja dengan istilah itu. Mungkin karena kadang-kadang kami bersikap masa bodoh dan tak mau tahu bila memenuhi undangan party teman-teman atau karena tampang-tampang kami terlihat sangat mesum... atau... whatever lah. Yang penting kami tak pernah merugikan orang lain.

Yang paling saya suka dari BNML adalah ide-ide spontan yang diamini tindakan spontan kami. Seperti yang terjadi pada suatu malam di 2006.

Kali ini BnmL kembali berpetualang. Namun bukan party sasarannya, melainkan sebuah kampung wisata bernama MONI. Awalnya petualangan ini bukan khusus untuk BnmL melainkan khusus untuk kru Gomezone Fm. Akan tetapi, karena kru Gz Fm enggak jadi berpetualang, maka jadilah BnmL beraksi. Mengobati kekecewaan yang singgah di wajah Armando dan Waldi (2 penyiar Gz Fm dan personel BnmL yang paling muda).

Title: The Adventure of BnmL (Trip To Moni)
Starring: Pepsi, Tuteh, Pedro, Greg, Tino, Waldi, Orenz, Armando & Iyok
Location: Moni & Kelimutu

Jam 9 malam pada hari Sabtu tanggal 14 Januari 2006; Waldi, Armando & Tino udah rapih jali. Pake jacket, pake sepatu, bawa ransel plus wajah segar. Karena Gz sendiri gak jadi liburan ke Moni, BnmL memutuskan untuk pergi aja sendiri. Lagian, udah rencana ini kok. Tapi sayang, Pedro menelpon, katanya BATAL. Heh.. jadi yang pergi cuma Armando, Waldi, Tino ma saya dong? Igh, gak seru lagi. But akhirnya nekat berniat pergi ber-4, malam2, ke MONI. Huaaaa!!?

10 Menit kemudian, tau-tau Pedro nelpon lagi. Katanya jadi pergi. Huaaaa. Lama-lama saya bacok dah mereka! Hihihhi. Well, jam 9.30 malam semua sudah ngumpul di rumah Pepsi dan berangkat deh ke Moni. 5 motor, 9 orang. Saya dibonceng Pepsi huhuiiii. Armando ma Orenz, Iyok sendirian, Pedro ma Greg, Tino dan Waldi. Duh, asiknya perjalanan malam di antara jurang dan tebing plus hutan.. dengan siraman cahaya bulan yang terang.

Tiba di daerah Detusoko, BnmL berhenti sebentar di Pos Polsek Detusoko. Ternyata si Jofan (temennya BnmL) yang lagi piket jagain pos Polsek pengen ikutan ke Moni. Perjalanan dilanjutkan lagi. Sepanjang jalan saya dan Pepsi nggak bisa berhenti ngakak & nyanyi2. Maklum, kami berdua terlalu terobsesi jadi artis. Hihihihi ;))

Beberapa km sebelum Moni, tau-tau si Orenz nyalip motor kita. Eeeeh 2 tikungan kemudian terdengar bunyi "TIIIIIIIITTTT!!!"
Hah!? Ada apa sih? Saya masih belum ngeh ketika dengan santainya Pepsi bilang, "Hai kawan, sedang apa kau di situ?"
Kirain Orenz ma Armando lagi ngapa gitu, eh nggak taunya : mereka berdua terkapar di aspal :p
Siallll...

Setelah ngecek semua baik-baik sama, kecuali lutut Orenz yang lecet, kita lanjut jalan lagi. Tiba di Moni jam 12. Karena jalannya nyante dan berkelok-kelok, perjalanan dari Ende ke Moni makan waktu 2, 5 mam! Kita rehatnya di Pos Polsek Moni. Pedro dan Greg bertugas ngecek hotel atau motel yang masih buka di jam segitu. Ternyata nggak ada!!!! Fiuh!!! Akhirnya kita nginep di Pos Polsek Moni aja.

Seharusnya yang lagi tugas di Polsek itu si Bintang ama Bang Flox, tapi Bintang-nya lagi di Ende. Ya sudahlah, tra apa-apa, kita ama Bang Fox aja. Lagian Bang Fox buaiknya ampun dah! Dia ngamuk-ngamuk karena kita nggak konfirmasi dulu kalau mau datang, biar bisa nyediain apa kek gitu. Waduuuuhhh Abaaang, kita tuh yang nggak tau malu... urat malu udah pada putus! Wakakakakak. Walhasil malam itu kita minum wedang jahe yang rasany MAKNYUS!!

Ti ada yang bisa lawan ekoooo!!! :p

Kita ngobrol-ngobrol di epan Polsek (tempat parkir) sambil menikmati suasana malam Moni yang beautifull, dengerin lagu dari 'W Sonny Ericsonnya Pedro' and minum air jahe buatan bang Fox.. rasanya surga dunia daaah. Saya dan Pepsi sampai tiduran...
terkapar... godain mereka semua... aaaah life so beautifull. Sempat ngobantin luka si Orenz dan digodain anak-anak... aaaah jahat! :D
Terusan; saya, Orenz, Waldi, Armando & Tino naik ke kantor Polsek. Kitah nonton dvd ampe teler dah. Bobo-nya juga tumpang tindih gitu hehehe. Bener2 BnmL gelandangan deeeh.

Bangun pagi, tampang anak2 udah pada aneh. Igh, ada apaan sih? Wehhh ternyata Waldi bocorin rahasia kalo mereka (yang udah bangun pagi duluan) foto-in saya ma Orenz... zeeeeeeezzzzz... kampret lu pada!! Saya langsung ngejar Greg ampe dia lari lintang pukang dah. Rasain! Hehehe.

Habis mandi, Pedro (si Cantik) lagi ngiris sayur dan Greg (si Pesolek) lagi ngebersihin muka.. wa wa wa. Akhirnya gantian saya yang bersihin sayur, sedangkan Pedro ke kebun Polsek (di pekarangan samping Polsek), ngambil tomat, lombok ma kacang panjang. Benar kata Koes Ploes "Orang bilang tanah kita tanah surgaaa.." karena di Moni, aneka hasil bumi tumbuh subur.. no pay lah kalo mo nyari sayur ato buah. Polsek aja punya kebun sendiri lhooo. Oia, si Orenz (mami kost) lagi nanak nasi ama goreng jagung muda hasil kebun Polsek hehehe. Tanah surga beneran!

Well guys, nikmatin wedang jahe di tengah dinginnya Moni? Kagak nahaaan! Nyesel juga, si Gren dan Waldy nggak bangunin saya pagi pas mereka foto-in sunrise di Moni.
Rugi!
Jam 8; Waldi udah gelisah pengen ke Kelimutu. Ebuset, 16 taon lahir dan besar di Ende, ternyata dia belum pernah ke Kelimutu! Gilingan padi nek! Yowes, karena BnmL pada dengerin saya, saya lah yang teriak-tereak ke mereka biar mereka gak usah nonton lagi. Jam 8.30 kita pun berangkat ke Kelimutu minus Orenz karena yayang Orenz lututnya luka huhuhu :PPP Ke Kelimutu 4 motor.. terpaksa saya yang boncengin Armando. Igh..

Tiba di Kelimutu udah mulai kabut. Oia, sempat kita ngobrol dulu ama temannya Pedro di kantor jaga Taman Nasional Kelimutu (Kelimutu National Park). Kan Pedronya kerja di situ, hanya kebetulan tugas dia jaga di Kelimutu masih minggu depan. Hmmm BNML ini memang komplit! Motor kita tinggalkan di parkiran dan mulailah pendakian. Aduh, nek... makjang... saya nggak kuat jalan! Untung aja didorong ama Waldy. Hehehe.

Anak-anak BNML yang lain sudah tiba di puncak, saya, Pedro dan Pepsi masih menghitung anak tangga satuper-satu. Ada 300-an! Gilingan padi waktu itu susah banget nih mendaki anak-anak tangga itu. Tapi pas tiba di puncak... semua capek terbayarkan.
Adalah satu kepuasan ketika tiba di puncaknya, meskipun ini bukan untuk pertama kali. Sudah 6 kali saya ke danau Kelimutu tapi perasaan saya tetap sama. Ketika duduk di puncak, dekat tugu untuk melihat pemadangan sekitar, melihat awan-awan di atas sana, dan mendengar bisikan angin... saya merasa sangat KECILLLL. Ya Allah SWT, Engkau segala yang menyelenggarakan kehidupan dan semua yang ada di bumi.

Hhhhh.

Pulang dari danau Kelimutu sudah enak. Tinggal turun doank hehehe. Tapi kita nggak langsung balik ke Moni melainkan ngopi-ngopi dulu di kedainya tante Yeni (Pedro yang ngenalin ke kita hihihihi). Ternyata sarung dan selendang yang dijual tante Yeni di pelataran parkir tuh muraaaaaah banget! Sampai kaget saya pas nanya harganya. 2 kali lipat lebih murah dari yang dijual di Ende.

Dan BNML pun kembali ke Polsek. Di sana Orenz sudah masak nasi. Tinggal Pedro yang bertugas untuk goreng-goreng dan tumis-tumis. After tidur-tiduran sambil nonton film, kita nunggu hujan reda and back to Ende! Tapi sebelumnya kita keliling Moni dulu, menikmati pemandangan yang wuiiiiih bikin segar mata. Jam 3 sore kita pulang. Bang Fox-nya nggak ada. Tapi kita nitip nota di depan tivi kok...

"Bang, kita pulang ya.. makasih for everything. Apalagi wedang jahe ama beras merahnya.. uenak hehehe."

Eh nggak taunya, pas kita pulang *konvoi* ngelewati Sao Ria (hotel milik Pemkab Ende) ternyata bang Fox lagi disitu. Jerit2.. dadah.. hehehe.

Perjalanan pulang saya boncengin Pepsi. Abis kasian tuh anak hihihi. Tiba di Detusoko kita semua basah kuyup. Baca baik2... KUYUP! Mandi ujan nih yeee. Abis ujan emang deras banget sih. Oia... tau nggak... Orenz pulangnya make sarung wakakakaka :P soalnya lututnya yang bekas jatuh itu perih banget *elus2* Dari Detusoko ke Ende si gantian Pepsi yang boncengin saya :P katanya malu ama gender kekeke.
Satu catatan penting : Pedro dan Greg tuh bisa2nya yaaaa udah basah jugak.. masih aja pake payung.. lagian.. itu payung emang dibawa Greg dari Ende.. hihihihi.. lucu memang. Hahahaha.

Tiba di Ende sudah hampir jam 5. Pengennya langsugn pulang tapi Pedro nggak mau. Kita kudu ngebakso dulu! Cari yang hangat-hangat gitu katanya. Yaaaaa kita ngebakso di warung Solo. Warung bakso banjir secaraaaa kita kan kuyup tuh. Manalagi ransel-ransel pada basah semua. BNML kan memang urat malunya sudah pada putus hahahaha. Setelah puas menghancurkan warung bakso te es be, kita pun pulang ke rumah masing-masing.

Fiuuuuuuuh... cerita yang panjang dan sedikit aneh :D Karena ini memang The Adventure of BNML. Yang binal, nakal, mesum dan laknat!

BNML masih punya banyak kisah, banyak perjalanan, banyak haha-hihi yang mau saya bagi di sini selain cerita perjalanan-perjalanan saya yang lain. Are you ready to read?

:D hihihihihi ;))

Anyway, yang mau tanya-tanya informasi wisata soal Ende atau Flores, boleh tanya di sini. Saya akan dengan senang hati menjawab. Seandainya saya belum sanggup jawab, akan saya cari jawabannya untuk Anda *tsah*

Atau yang mau kisah perjalanannya diposting di sini pun, mari yuuuk... ini cerita kita semua, tentang tempat-tempat yang pernah kita kunjungiiii :)

Cya!

Komentar

  1. sumpah tempatnya keren..
    pengen kesana euyy..
    xixixii..nunggu gratisan :p

    BalasHapus
  2. Emang keren Annooo :D hehehe... ayo ke Ende... nabung yuk wkwkwkkw...

    BalasHapus

Posting Komentar

Untuk pertanyaan penting dengan respon cepat, silahkan hubungi nomor WA 085239014948 (Chat Only!)