Eloknya Jawa Barat

Di Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah.

Jawa Barat, salah satu propinsi di Indonesia. Letaknya ya di bagian Barat Pulau Jawa, nggak mungkin di bagian Timur kan? *dikeplak massa*. Sejak SMP saya sudah bepergian. Paling pertama ke kota Denpasar saat menghadiri pernikahan kakak saya nomor 3. Saya paling sering pergi ke Pulau Jawa. Meloncat dari satu kota ke kota lain. Surabaya, Solo, Malang, Jogja, Jakarta, sampai Banyuwangi. Waktu itu malah masih jamannya kapal laut! Dua hari perjalanan laut dari Ende (Pulau Flores, NTT) ke Pulau Jawa mah bukan soal! Melanglang buana naik kereta atau bis mah perkara kecil! Kumpulin duit buat pergi ke tanah Jawa adalah hukum wajib dan waktu itu sih gaya anak mall :p hahaha. Yah, seperti kata Trinity, waktu itu sih Faktor ‘U’ belum seberapa. Masih muda, masih kuat, masih panas. Eits, sekarang pun masih muda *menolak dibilang tua* hahaha. Meskipun udah sering ke Pulau Bali dan Pulau Jawa, saya belum pernah ke Bandung T_T tolong yaaa nggak perlu diketawain! Penasaran sama cerita orang-orang tentang Bandung, juga baca-baca di internet. Dan Bandung masuk dalam daftar kota yang wajib saya kunjungi. Penasaran sama outlet-oulet di sana -_-*

Dan kesempatan itu datang! Dapat info dari mas Darmawan soal ACI (Aku Cinta Indonesia) yang diselenggarain sama DetikCom itu. Iseng daftar, eh keterima juga setelah melewati proses panjang dan melelahkan *digampar mbak Indri* hihihi. Dari sekitar 66ribu pendaftar, lolos jadi salah satu dari 66 Petualang itu se-su-a-tu banget bagi saya. Apalagi ini bukan ajang antar propinsi di Indonesia! Dan jadi satu-satunya petualang asal NTT itu menjadi lebih se-su-a-tu untuk saya *halah*

Di ACI saya masuk dalam tim 11 bersama Yulastriany. Agak rempong karena Yulastriany juga dipanggil Aci, hahaha. Tim 11 ini masuk dalam kloter 2. Diberangkatkan (kayak pergi Haji) pada sekitar bulan Oktober 2010. Tau nggak saya bakal jalan-jalan gratis ke mana? Yipie! Seperti impian saya! Jalan-jalan gratis, Petualang ACI, keliling Jawa Barat! Nah loh! Bisa ke Bandung donk? Bisaaaa. Kan di itinerary ada tuh jadwal ke Bandung. Senangnyaaa *peluk Aci*

620 anak tangga, Gunung Galunggung.

Selama 14 hari kami mengelilingi Jawa Barat. Gratis. Tis. Tis. Tis. Tis. *eh tolong hentikan echo-nya*. Udah gitu dikasih uang perjalanan dan uang saku pula. Kami menyewa Avanza untuk perjalan ini tentunya ditemani supir dan seorang guide. Sejak hari pertama hingga hari ke-14, perjalanannya gilaaaa... asyik berat! Jawa Barat itu keren banget yah. Kita mengunjungi destinasi wisata; wisata alam, wisata rohani, wisata budaya, wisata kuliner, dan lain-lain. Metabolisme tubuh selama 14 hari juga jadi nggak teratur. Yang paling teratur ya pola tidur :D pagi jam 5 udah packing, siap jalan-jalan. Sore paling lambat jam 6 sudah masuk hotel. Saya nulis perjalanan, Aci mandi. Giliran saya mandi, Aci ngedit foto. Kalo ngantuk ya tidur. Pokoknya yang paling teratur ya waktu bangun, jalan-jalan, tidur. Di mobil pun kadang kita ketiduran pula saking letihnya.

Perjalanan kita dimulai dari mengunjungi Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah dan berakhir di Bogor untuk paralayang. Tim 11 ini lumayan lah itinerary-nya bikin iritenane :D mulai dengan menyusuri alamat, mendaki gunung (bahkan gunung berapi macam Papandayan), rafting di Citarik sampai dengan Parayalang. Saya menyebut tim kami ini Tim Ninja Hatori. Hahaha. Lebay dikit nggak dosa kan?

Sudut Jalan Braga, kota Bandung.

Bagi saya Jawa Barat itu sungguh elok karena Indonesia memang elok! Pegunungannya, sawah menghijau dan menguning, sungai berarus deras, lembahnya, air terjunnya yang luar biasa, laut dan pantainya, adat dan budaya, makanannya, hingga bahasanya! Yang saya noted dari guide itu ada ‘nuhun’ dan ‘muhun’. Dua kata yang punya arti jauh berbeda hehehe. Jawa Barat juga sangat kaya akan ragam wisatanya itu. Benteng Pendem, Pantai Teluk Penyu, Batu Karas, Kampung Sampiereun, opak nan gurih, Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah, gedung Perjanjian Linggarjati, hutan mangrove (bakau) menuju Nusa Kambangan, Makam Sunan Gunung Jati, candi-candi, macam-macam gunung (Galunggung, Papandayan, Tangkuban Perahu), Pangandaran, perkebunan teh, Pantai Batu Hiu dengan ombak menggila hingga sebuah kampung yang paling saya suka dan kagumi yaitu Kampung Naga! Dan semua aset wisata itu dipelihara dengan baik. Sangat terawat. Pemerintah Jawa Barat hebat, euy!

Pengrajin Wayang Golek.

Dari traveling gratis ke Jawa Barat ini saya akan pecah *tsah* jadi beberapa cerita untuk temans semua. Saya rasa memang sudah saatnya saya lebih rajin menulis tentang perjalanan2 saya yang selama ini hanya nyantol di otak dan tidak ditulis! Rugi juga. Perjalanan kita itu mestinya ditulis, biar orang lain yang baca termotivasi juga untuk pergi ke tempat itu... untuk lebih cinta Indonesia. Hmmm... ada sih keinginan pergi ke Jepang, tapi apalah artinya bila keliling Indonesia saja belum? ;)) *harapan tinggi*

Mari traveling! Keliling Indonesia!

Komentar

  1. pertamax!
    Horeee.... ayo ceritakan tentang indahnya kampung halamanku :D

    BalasHapus
  2. Huahahah makasih kang Iwok :P akan saya ceritakan tentang Tasikmalaya dan Rajapolahnya :D

    BalasHapus
  3. jadi pengen berkunjung ke pengrajin topeng..xixixi..sapa tau berbakat jadi seniman ;p

    BalasHapus
  4. Hihihihi tiap orang punya bakat seni berbeda :D ayo Anno jadi seniman jalan2 sajah wkwkwkwkw...

    BalasHapus
  5. emang ada seniman jalan-jalan :p

    BalasHapus
  6. Ada dwonk :p seniman yang ngadain konser/pameran/pertunjukan di mana2 tempat dia datang wkwkwkwkw :P

    BalasHapus

Posting Komentar

Untuk pertanyaan penting dengan respon cepat, silahkan hubungi nomor WA 085239014948 (Chat Only!)